Pengertian Industri Non Ekstraktif Dan Contohnya

Industri Non Ekstraktif : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Contohnya


Pengertian Industri Non Ekstraktif


Pengertian Industri Non Ekstraktif Dan Contohnya-. Industri non ekstraktif adalah sebuah industri yang dimana letak bahan bakunya utamnya di dapat ditempat lain, baik itu bahan olahan ataupun bahan mentah. Dibeberapa negara industri ini sudah banyak dikembangkan termasuk di Indonesia.

Industri non ekstraktif dibagi menjadi 2 bentuk diantaranya :
  • Industri reproduktif, Industri ini adalah industri yang bahan bakunya dapat diperbaharui(contohnya sumberdaya alam) ketika sudah habis, terutama melalui beberapa kegiatan seperti yang terdapat pada industri ekstraktif
  • Industri manufaktur, Industri ini adalah sebuah industri yang mengolah bahan baku yang mana hasil dari industri ini digunakan untuk industri lainnya.

Tujuan Industri Non Ekstraktif


Sementara itu industri non ekstraktif memiliki beberapa tujuan yang perlu kamu ketahui. Beberapa tujuan tersebut diantaranya :
  • Untuk membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas
  • Untuk menmabah keuntungan/laba
  • Untuk menambah bahan baku bagi industri yang lain
  • Untuk menyedikan berbagai pilihan alternatif untuk memenuhi kebutuhan manusia
Itu adalah beberapa tujuan industri non ekstraktif. Dengan adanya industri non ektraktif amaka dakan bermanfaat bagi semua pihak temasuk negara.

Baca Juga : Pengertian Industri Non Ekstraktif Dan Contohnya

Pengertian Industri Non Ekstraktif Dan Contohnya

 

Manfaat Industri Non Ektraktif 


Manfaat dari adanya industri non ekstraktif sebenarnya banyak sekali, namun disini saya akan menjelaskan beberapa dari banyak manfaat industri non ekstraktif tersebut. Berikut manfaat industri ekstraktif :
  • Untuk memajukan potensi para pengusaha yang ada di dalam negeri
  • Untuk menambah divica bagi suatu negara
  • Untuk menambah lapangan pekerjaan yang lebih luas
  • Untuk mengurangi angka jumlah pengangguran yang ada
  • Untuk menambah keuntungan dalam suatau negara

Contoh Industri Non Ekstraktif


Industri non ekstraktif adalah sebuah industri yang umum terdapat di dalam sebuah negara, terkhusunya di Indonesia. Industri non ekstraktif ini ialah industri yang jumlahnya sangat banyak itu di karenakan banyak dibutuhkan oleh konsumen langsung maupun oleh produsen lain. Berikut beberapa contoh industri non ektraktif:

Industri kapas

Industri ini adalah industri yang merubah kapas menjadi benang, dan nantinya benang ini digunakan oleh produsen lain untuk membuat sebuah kain dan kemudian digunkan lagi untuk membuat berbagai jenis pakaian seperti baju, celana, jilbab, tas atau bahan olahan benang lainnya.

Industri Kayu Lapis

Industri ini adalah menjadikan kayu yang masih berbentuk pohon menjadi potongan-potongan kayu mentahan yang siap digunakan oleh produsen untuk digunakan membuat berbagai jenis lahan kayu seperti lemari, kursi, pintu atau jenis meubel lainnya

Industri Pengolahan Logam

Inddustri ini mengolah logam yang masih mentahan menjadi logam yang siap diolah menjadi bahan-bahan untuk membuat seperti barang-barang rumah tangga.

Itulah sedikit contoh dari beberapa industri kreatif, masih banyak contoh lainnnya dari industri non ektraktif, namun untuk kali ini sebatas ini dulu. Mungkin lain kali akan saya tambahkan


Sekian Pembahasan mengenai Pengertian Industri Non Ekstraktif Dan Contohnya. Silahkan komen jika ada sesuatu yang kurang berkenan bagi anda. Jika ada penulisan yang salah saya pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya

Sekian,,,




EmoticonEmoticon