Pengertian Dan Jenis Jenis Ekonomi Kreatif Indonesia

Macam - Macam Ekonomi Kreatif Beserta Penjelasannya


Pengertian Dan Jenis Jenis Ekonomi Kreatif Indonesia-. Sebelum membahas macam-macam ekonomi kreatif mari kita bahas apa sih ekonomi kreatif itu. Mungkin diantara temen-temen membaca post ini pasti sudah tahu apa itu ekonomi kreatif atau bahkan sudah berkecimpung di dalam ekonomi kreatif. Mari kita lihat apa sih ekonomi kreatif itu ???

Pengertian Ekonomi Kreatif


Ekonomi kratif adalah seuah aktifitas ekonomi yang berhubungan dengan bagaimana memanafaatkan penggunaan pengetahuan informasi dan teknologi. Di indonesia sendiri sudah banyak anak-anak muda yang bergelut dengan ekonomi kreatif dan diharapkan dengan banyaknya anak muda yang terjun ke dunia ekonomi kreatfi semakin banyak juga lapangan pekerjaan yang tersedia. 

Dikutip sari beberapa sumber berikut beberapa penjelasan tentang pengertian ekonomi kreatif

  • Ekonomi Kreatif adalah sebuah konsep ekonomi di era ekonomi sekarang ini yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya.
  • Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.
  • Departemen Perdagangan Republik Indonesia (2008) merumuskan ekonomi kreatif sebagai upaya pembangunan ekonomi secara berkelanjutan melalui kreativitas dengan iklim perekonomian yang berdaya saing dan memiliki cadangan sumber daya yang terbarukan.
Langsung saja masuk ke pambahasn utama yaitu tentang macam-macam ekonomi kreatif. Berikut Jenis Jenis Ekonomi Kreatif Indonesia.

 

Jenis Jenis Ekonomi Kreatif Indonesia

 

Pengertian Dan Jenis Jenis Ekonomi Kreatif Indonesia
Pengertian Dan Jenis Jenis Ekonomi Kreatif Indonesia

1. Arsitektur

Arsitektur jugat ermasuk ke dalam ekonomi kreatif. Beberapa hal yang bisa dilakukan di bidang arsitekur seperti Desain bangunan, perancangan bangunan,  pengawasan koonstruksi dan masih banyak lagi. 

2. Periklanan

Sektor ini berkaitan dengan jasa yaitu jasa periklanan. Baanyak yang bisa anda lakukan untuk memulai ekonomi kreatif di bidanng periklanan seperti membuat iklan pamflet, iklan papan reklame, atau iklan media sosial seperti Instagram jika anda mempunyai akun dengan jumlah follower yang banyak

3. Desain

Sektor ini biasanya yag banyak digemari anak muda sekarang, hanya membutuhkan skil desain dengan beberapa software desain yang ada kamu sudah bisa terjun ke ekonomi kreatif. Banyak sekali situs yang ada di dunia yang menyediakan jasa freelance di sektor desain yang bisa kamu manfaatkan

4. Film, Video dan Fotografi

Industri film , video dan fotografi ini berkaitan dengan produksi suati video, film dan atau bahkan membuka jasa fotografi. Bidang ini mencangkup banyak hal dari mulai pembuatan sebuah film, produksi suatu film sampai memasarkan produk yang telah dibuat. Itu semua termasuk kedalam Ekonomi kreatif.

5. Kerajinan 

Sektor kerajinan adalah jenis ekonomi kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi dan juga disitribusi suatu produk yang dihasilkan dari kerajinan. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan dari alam seperti rotan, kayu, kulit dan bambu untuk membuat suatu kerajinan yang bernilai ekonomi.

6. Kuliner

Sudah tidak bisa dipungkirilagi kalau indonesia merupakan negara yang memiiki bnyak sekali makanan khas. Dari sabang sampai merauke tiap daerah pasti punya kuliner khasnya sendiri-sendiri. Tentu saja ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi kreatif. Industri kuliner sendiri bisa menjadi usaha yang menjanjikan karena mempunyai pasar yanng luas.

7. Fashion

Fashion termasuk kedalam ekonomi kreatif, banyak sekali industri kreatif yang terkait dengan fashion seperti pembuatan pakaian, aksesoris pakaian, desainer pakaian atau bahkan membuka konsultan fashion.

8. Game

Game menjadi ekonomi kreatif berikutya. Sudah tidak bisa dibantah lagi kalo sekarang industri game sangat berkemabng dengan cepart. Banyak sekali developer-deveoper game yang bermunculan. Seperti kita tahu mobile legend, AOV, PUBG, Dota atau yang lainnya, itu merupakan beberapa ekonomi kreatif yang di di sektor game atau permainan.

9. Pertelevisian

Sektor ini sangat berkaitan dengan sebuah acara-acara , film,  serial tv atau apapun yang berkaitan dengan dunia pertelevisian

10. Software 

Sektor ini berkaitan dengan pembuatan sebuah aplikasi baik itu aplikasi android atau komputer. Mengingat sekarang kita sudah tidak bisa lepas dengan teknologi setiap perusahaan pasti membutuhkan sebuah sistem untuk mengontrol data-data yang ada, agar mudah untuk di atur.

Itu lah tadi sedikit informasi yang dapat kamu manfaatkan untuk menambah wawasan kamu. Informasi mengenai Pengertian Dan Jenis Jenis Ekonomi Kreatif Indonesia, kami harap dapat bermanfaat untuk anda ...





EmoticonEmoticon