Pengertian Ekonomi Manajerial Dan Tujuannya

Pengertian Ekonomi Manajerial


 Pengertian Ekonomi Manajerial


Pengertian Ekonomi Manajerial- .Berdasarkan sumber dari Wikipedia Ekonomi manajerial adalah  peneraapan teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan yang membahas tentang bagaimana agar suatu organisasi dapat mencapai tujuannya dengan cara yang effisien. Hal-hal yang berhubungan dengan ekonomi manajerial meliputi : keuangan, akutansi, manajemen SDM, produks dan pemasaran.

Itu tadi adalah pengertian ekonomi manjerial secara umum, lebih detailnya berikut beberapa pengertian ekonomi manjerial berdarsarkan para ahli 

Pengertian Ekonomi Manjerial Menurut Para Ahli 


1. Dominic Salavatore

Menurut Domini Salavatore Ekonomi Manajerial adalah sebauh ilmu yang menunjukan adanya teori ekonomi dan analisis terhadap pengambilan keputusan berdasarkan teori ekonomi tersebut untuk menelaah bagaimana agar sebuah bisnis bisa mencapai tujuan dengan efisien

2. Hirschey

Menurut Hirschey ekonomi manajerial adalah penerapatan teori ekonomi sebagai metode untuk pengambilan keputusan menajerial dan administratif.

3. Evan J. Douglas

Menurut Evan J. Douglas Ekonomi Manajerial merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang ada hubungannya dengan penerapan prinsip-prinsip metodologi ekonomi dalam sebuah proses pengambilan keputusan sebuah perusahaan/ organisasi.

4. Mc. Connel

Menurut Mc. Connel pengertian ekonomi manajerial merupakan sebuah alat analisis yang sangat penting untuk seorang manajer dalam mengambil sebuah keputusan bisnis. Seperti dengan namanya, ekonomi manajerial adalah gabungan dari ilmu manajemen dan  ilmu ekonomi.

5. Ket

Menurut Ket ekonomi manajerial merupakan ilmu dan seni tentang bagaimana mengorganisir dan mengalokasikan sumber daya perusahaan yang terbatas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan


Tujuan Ekonomi Manajerial 


1. Sebagai alat untuk melakukan evaluasi

Ekonomi manajerial bisa digunakan sebagai alat untuk melakukan evaluasi, seperti ketika ada pergantian manajer disuatu perusahaan maka akan dapat dilakukan evaluasi manajer yang lama. Dengan melakukan evaluasi tersebut dapat diketahui apa-apa saja yang kurang dan apa-apa saja yang program yang harus diteruskan oleh manjer baru.

2. Mengatur Keuangan Perusahaan

Ekonomi manajerial juga bisa digunakan untuk mengatur sistem keuangan agar bisa lebih baik. Dengan ekonomi manajerial kita dapat mengatur apa-apa saja biaya yang memang diperlukan dan mana-mana saja biaya yang tidak perlukan. Dengan begitu kita bisa menghindari kerugian. 

3. Mengatu Seorang Manajer Dalam Menyelesaikan Masalah

Ekonomi manajer dapat membantu menyelesaikan masalah seorang manajer. Dengan ekonomi manajerial seorang manajer dapat melakukan analisis terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.

4. Mengetahui Lingkungan Industri, Perusahaan, dan Perekonomian

Ekonomi manajerial ini juga berperan dalam aktivitas analisis, sepeti analisi pada lingkungan industri, perekonomian, maupun perusahaan. Analisis lingkungan ini sangat perlu untuk dilakukan supaya dapat mengetahui keadaan konsumen, pemasok, dan juga kompetitor.

5. Keuntungan Perusahaan

Dari keempat tujuan dari ekonomi manajerial diatas tujuan utamanya merujuk pada keuntungan perusahaan. sebab ekonomi manajerial ini diterapkan untuk mempemudah aktivitas sebuah perusahaan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan  Pengertian Ekonomi Manajerial Dan Tujuannya kali ini.
Semoga bermanfaat ...







EmoticonEmoticon