Cara Beternak Telur Puyuh Bagi Pemula


Cara Beternak Telur Puyuh Bagi Pemula
Cara Beternak Telur Puyuh Bagi Pemula

Cara Beternak Telur Puyuh Bagi Pemula-. Zaman sekarang siapa sih yang gak mengenal telur puyuh. Telur puyuh banyak ditemukan dipasar-pasar tradisional, di pedagan asongan dan biasanya di jual di bis-bis. Telur puyuh sendiri dihasilkan oleh seekor burung yang bernama burung puyuh. Diantara kalian pasti sudah tau atau tidak asing lagi dengan burung satu ini, burung puyuh mempunyai  tubuh yang kecil kira-kira sebesar anak ayam.

Burung puyuh sendiri tidak bisa terbang seperti burung pada umumnya. Burung puyuh biasanya hidup di daerah yang banyak semak belukarnya atau berada disawah-sawah. Daging dan telur burung puyuh sendiri mempunyai banyak manfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh manusia.

Tidak hanya telur dan dagingnya kotoran burung puyuh juga bisa kita manfaatkan untuk pupuk kandang dan mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga bisa kita bisa manfaatkan untuk pakan ikan.

Untuk perawatannya sendiri pun tidaklah terlalu ribet seperti ternak burung - burung lainnya. 

Dan untuk beternak burung puyuh ada beberapa hal yang harus diperhatikan / Cara Beternak Telur Puyuh Bagi Pemula : 

Cara Beternak Telur Puyuh 


1. Pemilihan Lokasi

Dalam beternak burung puyuh kita harus memilih lokasi yang tepat, sebab lokasi yang baik akan menentukan hasil dari burung puyuh itu nantinya. Berikut lokasi-lokasi yang baik untuk beternak burung puyuh
  • Lokasi tidak berada dipemukiman warga karena dapat menggangu warga yang lain
  • Lokasi dekat dengan air bersih 
  • Lokasi mudah dijangkau oleh transportasi
  • Lokasi terbebas dari banjir
  • Lokasi berada di udara yangbersih agar terhindar dari berbagai penyakit

2. Penyiapan Kandang

Kandang yang ideal untuk ternak burung puyuh sendiri berukuran panjang 100cm dengan lebar 30cm dan mempunyai tinggi 30cm ukuran tersebut mampu menampung kisaran 30-35 ekor burung puyuh.
Dalam pembuatan kandang temperatur udaraharus diperhatikan juga. Temperatur yang baik berkisar antara 20 - 25 derajat celcius dengan tingkat kelembaban berkisar 30 - 80%.   Penyiapan kandang yang baik juga akan membantu burung puyuh agar tidak gampang stres dan membuat produksi telur puyuh menjadi meningkat. 

Dalam beternak telur puyuh ada beberapa kandang yang harus disiapkan : 

a. Kandang Untuk Indukan

Kandang ini digunakan untuk proses pembibitan burung puyuh, Untuk ukuran kandangnya semua sama dan kepadatan jumlahpuyuhnya pun boleh sama

b. Kandang Untuk Anak Puyuh

Kandang ini digunakan untuk anak burung puyuh yang berusia 1 hingga hari sampai 3 mingguan. pembuatan kandang ini bertujuan agar perawatan untuk anak puyuh sendiri agar bisa lebih optimal.

c. Kandang Untuk Puyuh Grower Dan Layer

Untuk grower ini digunakan untuk puyuh yang berumur antara 3 - 6 mingguan dan Layer untuk puyuh yang berumur diatas 6 minggu. Untuk ukuran dan bentuknya bisa dibuat sama persis dengan kandang untuk indukan.

Baca Juga :

3. Penyiapan Bibit

Apabila persiapan kandang sudah selesai, selanjutnya adalah pemilihan bibit puyuh. Bibit yang unggul tentunya akan menentukan produksi terlur yang berkualitas.  Untuk memproduksi telur puyuh tentu kamu membutuhkan bibit yang betina bukan yang jantan. 

Dalam pemilihan bibit pilihlah bibit yang berumur kisaran 3 mingguan yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. 

Ciri - Ciri Bibit puyuh yang unggul dan bagus
  • Mempunyai bentuk tubuh yang sempurna dan tidak ada cacat
  • Waran bulunya tidak kusam atau cerah
  • Lincah bergerak atau tidak diam, puyuh yang pendiam biasanya sedang terkena penyakit

4. Pemberian pakan

Pemberian pakan bisa dilakukan 2 kali sehari setiap pagi dan sore. kamu bisa memberikan pakan tepung remah-remah atau pelet.

Pakan yang baik adalah kunci keberhasilan seorang peternak telur puyuh. sSbab jika pemberian pakan berkualitas hasilnya pun akan berkualitas tentu tanpa mengesampingkan hal-hal lain seperti bibit dan perawatan.  

5. Menjaga kebersihan dan suhu ruangan

Suhu ruangan yang baik berkisar antara 20-25 derajat celcius dengan kelembaban berkisar 30-80%. Untuk penerangan bisa menggunakan lampu 25-40 watt untuk siang hari dan 40-60 watt untuk malam hari.

Untuk kandangnya juga harus rutin dibersihkan setiap 3 hari sekali agar terhindar dari berbagai penyakit. 

6. Panen

Panen telur puyuh bisa anda lakukan setiap hari. saya sarankan panen dilakuakan setiap pagi sebelum pemberian pakan. Setelah panen anda bisa langsung menjual telur tersebut , anda bisa menjualnya sendiriatau menitipkannya diwarung kecil.

Itulah sedikit pembahasan mengenai cara beternak telur puyuh bagi pemula, semoga dapat bermanfaat buat anda







EmoticonEmoticon