Teknik Cara Budidaya Lele Organik Dengan EM4

Cara Budidaya Lele Organik Dengan EM4


Budidaya Lele Organik Dengan EM4
Budidaya Lele Organik Dengan EM4

Pengertian EM4


Sukus.Net-. EM4 adalah campuran dari beberapa mikroorganisme hidup yang menguntungkan bagi proses penyerapan atau persedian unsur hara dengan efektif dalam memperbaiki kondisi dalam tanah itu sendiri. Em4 digunakan untuk alat pengkondisi biologis sebab sebagai inokulan mikroba yang menekan dan mengendalikan hama dan penyakit selain untuk pertanian biasanya bisa juga digunakan untuk sesuatu yang mengeluarkan bau busuk seperti bau kotoran kandang ayam, kelinci, kambing, sapi, ikan. Selain itu EM4 juga bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti menghilangkan bau WC, menghilangkan bau selokan (parit), atau lubang pembuangan cucian piring. 

EM-4 merupakan kultur EM dalam medium cair berwarna coklat kekuning-kuningan yang menguntungkan, yang gunanya untuk meningkatkan bakteri pengurai yang ada di bahan organic, menstimulasi enzim pencernaan, menekan pertumbuhan bakteri pathogen dan meningkatkan kualitas air pada tambak.

Manfaat EM4 Untuk Ikan Lele


  1. Meningkatkan pertumbuhan dan size ikan lele
  2. Meningkatkan imunostimulan / daya tahan ikan lele
  3. Meningkatkan pertahanan tubuh ikan lele
  4. Menguraikan gas-gas amoniak, metan dan hydrogen sulfide. 
  5. Efisiensi energi dan pengelolaan kualitas air
  6. Memfermentasi sisa pakan, kotoran di dasar tambak
  7. Meningkatkan oksigen terlarut (DO) dan air menjadi bersih sehingga tidak diperlukan penggantian air berulang-ulang.
  8. Meningkatkan daya tahan tubuh ikan lele sehingga mengurangi pengunaan Antibiotik.
  9. Aman dan Ramah lingkungan
  10. Mempertahankan kualitas linkungan

Cara Pemeberian EM4 pada Lele


Budidaya Lele Organik Dengan EM4-. Ikan lele adalah ikan yang sangat mudah sekali untuk dipelihara. untuk pakannya sendiri pun sangat mudah didapatkan, pakannya bisa dari sisa-sisa nasi atau ampas tahu. Namun jika dipelihara sekitar 25 balong (1 balong 3000-4000 ekor) sangatlah merepotkan. Banyaknya pakan yang diberikan kepada ikan lele mengganggu pertumbuhan ikan lele itu sendiri. Bahkan ikan bisa terinfeksi penyakit kudis atau borok apabila tidak cepat ditangani dan banyak ikan yang mati. oleh karena itu untuk menangani hal tersebut solusi terbaik adalah dengan menggunakan EM4.

LELE yg mengalami keracunan air yang mengandung amoniak, H2S, CO2 dan gas berbahaya lainnya sehingga harus diberikan EM4. Karena EM4 bisa mengatasi pencemaran air yang di akibatkan akumulasi limbah organik. Teknologi ini memanfaatkan mikroorganisme yang berpengaruh positif, diinokulasikan dalam dasar balong. Untuk meningkatkan kualitas air balong, EM4 merubah proses pembusukan jadi proses fermentasi.

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Ikan Hias dan Jenis-Jenisnya 

Ukuran/Takaran Pemberian EM4

Anjuran yang tepat adalah dengan memberikan 4-6 liter EM4 untuk tiap hektar luas kolam. Apabila diambil harga tinggi 6 liter per hektar, maka untuk setiap meter persegi diperlukan EM4 sebanyak: 
  • 6 liter/hektar
  • 6000 milliliter/10000 meter persegi
  • 6/10 milliliter/meter persegi
  • 0,6 milliliter/meter persegi
Jadi apabila luas kolam 6 meter persegi, maka diperlukan cairan EM4 sebanyak:
6x 0,6 = 3,6 milliliter

Beberapa peternak lele memberikan EM4 dengan cara mengaktifkan terlebih dahulu sebelumnya. Caranya dengan mengisi ember dengan air lalu masukan cairan tetes tebu ke dalamnya atau larutan gula lalu cairan Em4 dimasukkan kedalamnya kemudian diaduk. setelah itu kemudian dibiarkan semalaman sebelum dimasukkan ke dalam kolam. setelah didiamkan semalam lalu bisa langsung dimasukan kedalam kolam

Didiamkan satu sampai dua minggu

Setelah dimasukan EM4, kolam jangan langsung diisi dengan bibit ikan lele. Kolam harus dibiarkan dulu selama kurang lebih satu sampai dua minggu kedepan agar mikroorganisme tumbuh dengan cukup. Setelah Air berubah warna dari jernih menjadi warna kehijauan kemudian bibit ikan pun siap ditebarkan atau dimasukan kedalam kolam.

Jumlah bibit ikan yang ditebar harus seimbang dengan ukuran kolam

untuk jumlah lele per kolam haruslah seimbang, kolam ukuran 1m x 1m x 1m atau seluas 1m persegi cukup diisi ikan lele maksimum 300 ekor benih saja tidak boleh lebih. karena dapat berakibat pada pertumbuhan lele itu sendiri apabila melebihi 300 ekor benih. Namun apabila kamu sudah berpengalaman dan tahu trik-trik dalam budidaya lele silahkan memasukan lebih dari 300 ekor benih lele. 

Dan pada Usia sekitar 2 bulanan ikan lele harus disortir mana-mana saja ikan yang layak dipanen dan mana yang tidak layak supaya pertumbuhan ikan juga lebih maksimal. Kolam yang terlalu sesak akan menurunkan kelangsungan hidup lele itu sendiri

Itulah sedikit informasi tentang Budidaya Lele Organik Dengan EM4. Semoga bermanfaat..
Terma kasih..



EmoticonEmoticon