Asyiknya Belajar Al Quran Dengan Google Assistant


Sukus.Net- Setelah sebelumnya google assistant hanya tersedia dalam bahasa inggris. Namun kini sejak tanggal 2 april 2018 google assistant telah tersedia dalam bahasa indonesia. google assistant sendiri adalah layanan asisten pribadi dalam bentuk virtual yang diciptakan oleh google dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AR) alias kecerdasan buatan. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh google assistant diantaranya seperti memutar musik, memutar video, meminta petunjuk arah, menyetel alarm, melakukan pencarian dan di beberapa negara teretentu bisa mengirim pesan whatsapp hanya dengan menggunakan suara. 

Sekarang banyak sekali aplikasi yang sudah menggunakan google assistant di dalamnya. Salah satunya adalah Al Qolam. Al Qolam adalah aplikasi belajar agama(islam) seperti membaca al-quran, doa-doa dan sebagainya. 

Berdasarkan data dari Rumah Qur'an Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung, sebanyak 54% umat muslim di Indonesia belum melek baca Al-Qur'an. Sepertiga dari 54% usia yang belum melek Al-Qur'an adalah anak-anak. Maka visi dari Al Qolam sendiri adalah membuat anak-anak bisa belajar al-quran sejak dini. 

Salah satu penyebab terjadinya penurunan minat dalam membabaca Al-Qur'an adalah perkembangan teknologi yang semakin mengalami kemajuan. Akan teteapi bukan perkembangan teknologinya yang salah namun penggunaan teknlogi itu sendiri yang kurang tepat. Anak-anak remaja sekarang banyak yang salah dalam penggunaan teknologi, mereka rela berjam-jam di depan layar handphone sehingga lupa akan urusan akhirat seperti membaca al-quran.

Pengawasan orang tua juga memegang peranan penting dalam hal ini. Orang tua harus dapat  mengarahan anak pada hal-hal yang benar, mengawasi setiap prilaku anak sehingga anak terbiasa dengan hal-hal yang baik. Di sisi lain juga kurangnya minat anak dalam belajar alquran juga disebabkan karena mulai berkurangnya jumlah guru mengaji sekarang ini, sulit sekali ditemukan guru mengaji bahkan diantara mereka kadang tidak mau mengajar mengaji karena alasan berbagai hal. 

Maka dengan kasus seperti diatas Al Qolam bisa menjadi cara orang tua untuk mengenalkan dan mengajarkan al-quran untuk anak-anak. Hanya dengan bermodalkan handphone kamu sudah bisa belajar al-quran. 



Dengan terintegrasinya Al Qolam dengan google assistant maka dapat memermudah siapa saja yang ingin belajar Al Quran dimana saja dan kapan saja tentu ini akan mempermudah dalam kita beleajar al quran. 

Untuk dapat menikmati Al Qolam di google assistant berbahasa indonesia smartphone kamu harus menggunakan android 5.0 lolipop ke atas, dan untuk pengguna iOS harus menggunakan minimal iOS 9.1. 

Cara Penggunaan Al Qolam di Google Assistant


Untuk cara penggunaan google assistant sendiri seperti berikut : 
  1. Update terlebih aplikasi Google Assistant di smartphone kamu apabila belum di update
  2. Kemudian tekan tombol home dalam beberapa detik hingga aplikasi google lalu kemudian klik
  3. Apabila aplikasi Asisten Google muncul dalam Bahasa Inggris, maka rubah terlebih dahulu kedalam bahasa indonesia dengan cara klik ikon pada kanan atas
  4. Klik titik 3 di kanan atas
  5. Pilih Settings > Phone > Assistant Language > Klik Go To Language Preferences > Pilih Bahasa Indonesia. 
Jika sudah melakukan langkah-langkah diatas maka kamu sudah bisa menggunakan Al Qolam di google assistant. Tekan tombol Home dalam beberapa detik untuk mencoba mengajak Asisten Google berbincang. Setelah masuk ke halaman Asisten Google, klik ikon microphone lalu katakan “Oke Google” Kemudian katakan “Bicara dengan Al Qolam”.

Setelah Asisten Google membalas percakapan Anda, sebutkan surah yang ingin Anda dengarkan. Misal “Putar surah Al iIkhlas dong” atau “Murottal”. Dan Asisten Google pun akan memandu Anda dengan interaktif. 

Dengan semakin pesatnya teknologi sekarang ini maka peran oran tua sangat diperlukan untuk memfilter mana teknologi yang bisa digunakan dan mana yang tidak boleh digunakan oleh anak-anak. Jangan sampai anak anak kita nantinya terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak benar. 

GUNAKANLAH TEKNOLOGI DENGAN BIJAK..



EmoticonEmoticon