Pengertian, Teori dan Prinsip Etika bisnis

Pengertian, Teori dan Prinsip Etika bisnis
Pengertian, Teori dan Prinsip Etika bisnis 

Pengertian, Teori dan Prinsip Etika bisnis-. Etika bisnis adalah sebuah cara untuk dapat melakukan kegiatan dalam berbisnis, yang mencakup semua aspek yang berkaitan dengan suatu individu,perusahaan, dan masyarakat. Etika bisnis di dalam sebuah perusahaan dapat membentuk sebuah nilai , norma, dan tingkah laku seorang karyawan, serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/konsumen, pemegang saham, serta masyarakat.

Perusahaan yang baik akan selalu menaati kaidah-kaidah yang sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Etika bisnis dapat dijadikan pedoman untuk karyawan termasuk juga manajemen dalam menjalankan tugas sehari-hari dengan prilaku yang jujur, tranparan, dan propesional.

3 pendekatan dasar dalam merumuskan tingkah laku etika bisnis:


  • Utilitarian Approach, Suatu tindakan harus didasarkan pada konsekuensinya, didalam bertindak sesesorang harus mengikuti cara-cara yang telah ditentukan supaya dapat member manfaat kepada masyarakat dengan cara yang tidak membahayakan.
  • Individual Rights Approach : seseorang dalam bertindak harus memiliki hak dasar yang harus dihormati, tapi tindakan tersebut harus dihindari apabila menyebabkan terjadi benturan dengan orang lain
  • Justice Approach : para pembuat harus keputusan mempunyai kedudukan yang sama, dan bertindak secara adil dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan/konsumen  baik secara perseorangan ataupun secara kelompok.


Tujuan etika bisnis

Tujuan dari etika bisnis itu sendiri adalah untuk menjalankan atau menciptakan sebuah bisnis yang seadil mungkin dan menyesuaikan hokum yang telah dibuat.
Baca Juga : 

Prinsip etika bisnis 

  • Sikap jujur : Kejujuran dalam sebuah usaha bisnis sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Bersikap jujur di segala hal menjadi wajib hukumnya seperti memberikan informasi yang benar kepada konsumen
  • Integritas : Seseorang yang mempimpin perusahaan harus bisa mendapatkan keparcayaan dari oran lain karena mempunyai integritas. Integritas dapat diartikan sebagai konsistensi antara pemikiran, perkataan, dan perbuatan.
  • Loyalitas : agar bisnis yang anda jalani berjalan dengan baik , maka anda harus bersikap loyal terhadap semua  hal termasuk data membedakan urusan kantor dengan urusan pribadi.
  • Menepati janji : Seorang pebisnis tidak sembarangan dalam membuat janji. Ketika seorang pebisnis sudah melakuakan janji maka itu wajib untuk ditepati. Maka jangan sesekali kamu membuat sebuah janji yang belum tentu bisa kamu tepati.

Semoga dapat bermanfaat bagi anda.
Terima kasih .. 

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Etika_bisnis
http://bisnisi.com/pengertian-definisi-tujuan-dan-fungsi-etika-bisnis/


EmoticonEmoticon