Pengertian dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Bisnis

Pengertian dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Bisnis

Pengertian dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Bisnis
Pengertian dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Bisnis

Sukus.Net-. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan atau kegagalan dalam bisnis, karena lemen-elemen yang ada di dalam lingkungan dapat mendorong dan dapat juga menghambat aktifitas bisnis. Itu diakibatkan karena perubahan yang terjadi di dalam lingkungan akan berdampak positif ataupun negatif terhadap aktifitas bisnis.

Salah satu contoh dampak negatif dari perubahan lingkungan adalah saat pemerintah membatasi kuota kacang kedelai dari luar negeri itu akan mempengaruhi harga jual kacang kedelai itu sendiri, dan konsumen menjadi terbeban. Saat harga jual naik itu akan mengakibatkan penurunan penjualan dan akan menyebabkan dampak buruk terhadap bisnis tersebut.

Dan selain dampak negatif ada juga dampak positif dari perubahan lingkungan adalah kemajuan TI yang membuat segala operasional usaha menjadi lebih mudah dan praktis.

Lingkungan Bisnis


Lingkungan bisnis adalah faktor-faktor yang biisa berpengaruh secara langsung ataupun tidak langsung terhadap aktifitas bisnis.

Dan lingkungan bisnis sendiri terbagi menjadi 2 yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal

1.  Lingkungan bisnis internal

Lingkungan bisnis internal adalah faktor faktor yang ada dalam kegiatan produksi itu sendiri dan berpengaruh langsung terhadap hasil produksi. Biasanya Lingkungan ini digunakan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan suatu perusahaan. Lingkungan bisnis internal ini terdiri dari:
  • Tenaga kerja
  • Modal
  • Bahan baku
  • Alat produksi
  • Manajemen
  • Pemegang saham

2. Lingkungan bisnis eksternal

Lingkungan eksternal adalah faktor yang tidak berpengaruh langsung terhadap perusahaan. Lingkungan ini terdiri dari lingkungan mikro dan lingkungan makro:

a. Lingkungan Mikro

Lingkungan ini adalah lingkunangan yang secara langsung relevan bagi perusaan untuk bisa mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.

Hal-hal yang termasuk dalam lingkungan mikro, yaitu:
  • Pelangggan, kelompok/konsumen yang mengkonsumsi produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.
  • Pemasok,  adalah kelompok atau individu yang menyediakan segala sesuatu  yang dibutuhkan oleh perusahaan memproduksi produknya misalnya bahan baku, alat produksi, keuangan dan tenaga kerja.
  • Perantara, orang yang berperan sebagai penyalur antara perusahaan yang menghasilkan produksi kepada para pelangggan,
  • Pesaing,  perusahaan yang menawarkan kepada pelanggan yang dan punya produk yang sama.
  • Kreditor, kelompok atau perusahaan tertentu yang berpengaruh terhadap kegiatan organisasi  keuangan, contohnya:  bank atau individu yang menawarkan pinjaman uang.
  • Pembuat peraturan,  badan yang bergerak sebagai  penegak hukum
  • Serikat kerja, organisasi yang mengumpulkan para pekerja untuk memperjuangkan aspirasi para peerja.

b. Lingkungan Makro

Lingkungan makro adalah lingkungan yang  mempunyai dampak secara tidak langsung terhadap  perusahaan. Lingkungan ini memiliki cakupan yang sangat luas dibandingkan lingkungan mikro. Yang termasuk dalam lingkungan makro adalah lingkungang teknologi, lingkungan ekonomi, lingkungan sosial budaya, lingkungan hukum, lingkungan global dan lingkungan alam.

Pengaruh Lingkungan Terhadap Operasional Perusahaan


Pengertian dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Bisnis
Pengertian dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Bisnis

Sistem perusahaan sekarang ini sudah tebuka dan sangat kompleks.  Elemen-elemen yang terdapat di dala sistem sebuah perusahaan meliputi orang dan jaringan yang saling terhubung , saling berinteraksi , saling berkepentingan, dan saling bergantung.  Maka kebeberadaan perusahaan bukan hanya ditentukan oleh elemen elemen yang ada di dalam sebuah perusahaan tetapi juga oleh faktor faktor yang ada di luar perusahaan . baik itu faktor manusia ataupun bukan manusia.

Faktor manusia antara lain: pelanggan, pemasok, pemerintah dan penanam modal baik secar individu ataupun organisasi.

Faktor bukan manusia yaitu alam sebagai bahan baku dan tempat menjalankan aktifitas bisnis.

Orang- orang selama ini hanya melihat faktor eksternal dalam bentuk politik, ekonomi, teknologi, dan sosial budaya, mereka lupa bahwa semua itu diciptakan oleh manusia.

Menurut kusdi (2009) hubungan antara perusahaan dengan elemen linfkungan dapat berupa:
  • Hubungan bersifat jangka panjang,  Hubungan dengan pemasok, baik itu berupa pemasok energi, bahan, pemodal,pelanggan, masyarakat dan pemerintah
  • Hubungan yang bersifat sementara/ jangka pendek. Contohnya hubungan dengan pelanggan yang bersifat sekali ataupun bisa berulan-ulang.
  • Hubungan besifat kerjasama,  bisa bersifat persaingan atau perbedaan kepentingan.
  • Hubungan regulatif. Hubungan dengan badan-badan pemerintahan

Strategi Dalam Merespon Pengaruh Lingkungan


Pengertian dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Bisnis
Pengertian dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Bisnis

Ada 2 strategi dasar yang bisa dilakukan oleh organisasi intuk bisa beradaptasi dengan lingkungan yaitu melalui perubahan internal dan melalui pengendalian lingkungan .

a.  Perubahan internal.

Menyesuaikan aspek aspek di dalam organisasi seperti perencanaan, struktur, sistem dan prosedur kerja sehingga dapat menyesuaikan dengan perubahan lingkungan yang dapat berubah sewaktu-waktu. 

b. Pengendalian Lingkungan

Untuk mengendalikan lingkungan dapat melakukan cara cara berikut , diantaranya :
  • Merger,  Menyatukan organisasi lain sehingga dapat dilakukan pengawasan bersama
  • Kontrak atau joint ventures,  ini dapat mengurangi ketidakpastian  sehingga terjadi kepemilikan dan pengawasan bersama
  • Kooptasi, memasukan orang-orang yang berpengaruh terhadap lingkungan untuk masuk kedalam organisasi, contohnya memasukan pejabat pemerintah ke dalam organisasi .
  • Iklan dan humas, cara menciptakan hubungan yang baik terhadap lingkungan dan mengubah pandangan masyarakat.
  • Asosiasi pengusaha sejenis , ini seringkali bisa menimbulkan suatu kekuatan yang cukup besar dalam mempengaruhi lingkungan .
  • Merubah bidang kegiatan , dan jika lingkungan tidak bisa dikendalikna lagi anda bisa merubah bidang kegiatannya , misal memilih bidang kegiatan yang persaingannya relatif mudah yang tidak bnyak campur tangan pemerintah .

Itulah tadi sedikit informasi tentang Pengertian dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Bisnis, Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda jagan lupa share ya .


Sumber : http://masanget.blogspot.co.id/2016/02/pengertian-dan-faktor-faktor-yang.html


EmoticonEmoticon