Apa Itu Bisnis Startup ?

Apa Itu Bisnis Startup


Bisnis Startup. Startup memang sesuatu yang sering kita dengar sekarang ini, namun apakah kamu tahu apa itu bisnis startup. Mari kita bahas bersama.

Starup sendiri merupakan kata serapan dari bahasa inggris yang artinya proses memulai suatu oraganisasi atau bisnis baru, atau dengan kata lain starup adalah perusahaan yang baru dibangun dalam masa rintisan di bidang teknologi. Kenapa di dibidang teknologi?? Ya karena startup sendiri hanya bergelut di bidang teknologi informasi. 

Ada banyak jenis-jenis bisnis startup di yang berkembang sekarang ini seperti startup pengembang aplikasi, system pembayaran, perdagangan, jasa dan masih banyak lainnya.
Ada beberapa karaketeristik perusahaan yang masuk dalam kategori startup anatara lain:

  • Perusahaan berusia kurang dari 3 tahun / dalam pengembangan
  • Memiliki pegawai kurang dari 20 orang
  • Pendapatan kurang dari $100.000 / tahun
  • Masih dalam tahap pengembangan
  • Beroperasi di bidang teknologi
  • Produk dalam bentuk teknologi informasi

Apabila suatu perusahaan sudah memliki karakteristik yang telah disebutkan diatas maka perusahaan tersebut telah layak disebut sebagai bisnis startup.

Di Indonesia sendiri sudah banyak startup-startup yang mulai bermunculan. Karena memang pasar internet di Indonesia sendiri sangat lah luar biasa. Pada tahun 2013 saja jumlah pengguna internet aktif di Indonesia mencapai 70 juta orang. Woooww, benar-benar pasar yang sangat menggiurkan. Oleh karena itu sekarang banyak bermunculan starup- starup baru. 

Siapa yang tidak tahu Kaskus. Kaskus sendiri dulunya hanyalah sebuah tugas kuliah seorang mahasiswa, namun siapa sangka dari tugas kuliah tersebut sekarang kaskus menjadi perusahaan yang besar. Kaskus sendiri adalah situs yang menyediakan tempat diskusi untuk orang-orang yang memang membutuhkan tempat untuk berdiskusi di dalam bidangnya masing-masing. Namun seiring perkembangan zaman sekarang kaskus tidak hanya situs forum diskusi, sekarang kaskus juga menyediakan tempat untuk aktifitas perdagangan.

Beberapa Bisnis Startup di Indoenesia


1. Gojek

Gojek merupakan salah satu startup yang pertumbuhannya sangat cepat dan sekarang sedang popular di Indonesia. Gojek sendiri bergerak dibidang jasa ojek online. Dimana orang yang ingin naik ojek tidak lagi harus dating ke pangkalan ojek. Meraka hanya memerlukan sebuah aplikasi di smartphone mereka untuk memesan ojek hanya dengan beberpa klik saja. 


2. Bukalapak

Ahmad zaky seoran pemuda yang berasal dari sragen jawa tengah adalah pendiri dari bukalapak yang sekarang menjadi situs jual beli terbesar di Indonesia. Bukalapak adalah bisnis startup yang dikategorikan sebagai situs jual beli.
Orang –orang dapat dengan mudah belanja apapun hanya dengan sebuah apliaksi yang terinstal di aplikasi mereka

3. Traveloka

Traveloka adalah salah saru startup yang menawarkan pembelian tiket secara online, baik itu tiket pesawat, kereta api, dan hotel hanya dengan beberapa klik saja. 

Sebenarnya masih banyak lagi Bisnis startup besar indoensia, namun hanya 3 saja yang dapat kami bahasa. Mungkin lain waktu akan kami sajikan mengenai startup-starup besar yang ada di indoensia.

Sekian informasi tentang bisnis startup yang dapat kami sajikan kurang lebihnya kami mohon maaf
Terima kasih, semoga dapat bermanfaat untuk anda . .

Referensi 
https://infopeluangusaha.org/pengertian-startup-dan-contoh-bisnisnya-di-indonesia/
https://www.maxmanroe.com/apa-itu-startup-bgmn-perkembangan-dunia-bisnis-startup-di-indonesia.html

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon